Butuh Bantuan? Customer service Toko Jurumiyyah siap melayani dan membantu Anda.
Jurumiyyah.com: Menyediakan Berbagai Mushaf Al-Qur'an, Buku Bahasa Arab (Nahwu dan Shorof), dan Buku Islam Bermutu Sesuai Sunnah. Jadwal Pengiriman: 1. Gosend dan Grab, batas jam 14.00 dikirim di hari yang sama in syaa Allah. 2. JNE, J&T, Si cepat, TIKI, dan Pos pesanan masuk sampai dengan jam 18.00 dikirim di hari yang sama. Di luar jadwal tersebut, dikirim keesokan harinya in syaa Allah.. Fast Respond, silahkan hubungi kami: Call/SMS/Whatsapp 0818-1866-4139. PROMO: Diskon Buku dengan diskon yang menawan: 30%-45-%.
Beranda » Artikel Terbaru » Pembahasan Matan Jurumiyyah: Definisi Kalam

Pembahasan Matan Jurumiyyah: Definisi Kalam

Diposting pada 4 Juli 2020 oleh admin | Dilihat: 469 kali

 

 

 

بسم الله الرحمن الرحيم

 

DEFINISI KALAM

In syaa Allah, secara bersambung, akan disampaikan materi matan Jurumiyyah yang merupakan kitab dasar yang membahas ilmu nahwu. Semoga bermanfaat terutama bagi penulisnya dan bagi pembaca. Aamiin.

Berkata Muhammad bin Muhammad bin Dawud Ash Shohanji rahimahullah, penyusun matan Jurumiyyah, dan dikenal sebagai Ibnu Aajurrum, dalam kitabnya matan Jurumiyyah:

الكلام هو اللفظ المركب المفيد بالوضع

“Kalam adalah Lafazh yg tersusun (dari beberapa kata) yang memberikan faidah dan berdasarkan peletakan yg dilakukan oleh orang Arab”.

Dari definisi tersebut, maka menurut Ahli Nahwu, dinamakan Kalam apabila terkumpul padanya 4 perkara, yaitu:

1. اللفظ

Lafazh, yaitu suara yang mengandung sebagian huruf Hijaiyah (yang diawali dengan Alif dan diakhiri dengan Ya’).

Contoh: seseorang mengucapkan kata “زَيْدٌ”. Kata زيد adalah lafazh karena berupa suara (الصوت) yang mengandung sebagian huruf Hijaiyah yaitu ز- ي-د.

Kalau bukan suara, misal berupa tulisan atau isyarat, seperti seseorang yang meletakkan tangan di mulut agar anak kecil yang menangis menjadi diam, maka hal itu bukan termasuk lafazh, sehingga menurut ahli nahwu bukan teranggap sebagai sebuah Kalam.

 

2. المركب

Murokkab yaitu bahwa Kalam harus berupa susunan yang terdiri dari 2 kata atau lebih.

Contoh: محمّد طالب, maka ini adalah suatu susunan (التركيب) yaitu tersusun dari 2 kata yaitu محمّد dan طالب.

Contoh lain: يكتب عليّ الدرس في الكراسة
(Ada yang tahu, susunan di atas ada berapa kata?)

Kalau bukan berupa susunan, seperti seseorang yang tiba-tiba berkata kepada kita “خالد”, maka yang demikian tidak dinamakan tarkib atau susunan, sehingga juga tidak dinamakan Kalam.

Bagaimana jika ada yang berkata “خالد” sebagai jawaban saat kita bertanya “من في الفصل؟” (Siapa yang ada di dalam kelas?), Apakah jawaban kata خالد adalah tarkib?

Jawab: Iya, itu adalah tarkib. Lho bukannya cuma terdiri dari 1 kata saja, yaitu خالد, sama seperti contoh sebelumnya yg bukan termasuk tarkib?

Jawabannya adalah seorang yang menjawab tadi sebenarnya menjawab dengan lengkap yang taqdirnya adalah:

“خالد في الفصل”. Hanya ucapan “في الفصل” ditakdirkan dan tidak disebutkan dan itu sudah dipahami oleh sang penanya. Sehingga sebenarnya susunan itu ada 3 kata yaitu الفصل – في  – خالد.

Tahu dari mana kalau taqdir dari yang tidak disebutkan itu adalah “في الفصل” ? Jawabnya adalah dengan melihat konteks pembicaraan yaitu pertanyaan kita.

 

3. المفيد
Al-Mufid adalah apa yang memberikan faidah yang sempurna, dimana pembicara mengakhiri ucapannya dengan baik, dan pendengar tidak lagi menunggu kelanjutan pembicaraan yang lain.

Contoh: جَاءَ زَيْدٌ.

Ucapan tersebut telah mufid, faidahnya sudah sempurna, yaitu seseorang mengabarkan kepada kita mengenai kedatangan si Zaid.

Berbeda kalau ada yang berkata kepada kita: إن جَاءَ زَيْدٌ” “Jika Zaid datang”. Lalu berhenti pada ucapan tersebut.

Maka yang demikian itu tidak dinamakan mufid, mengapa? Karena pendengar masih bertanya-tanya, ada apa ya jika Zaid datang??? dan tentu masih menunggu kelanjutan dari kalimat berikutnya.

Berbeda kalau susunannya adalah sebagai berikut:
“إن جَاءَ زَيْدٌ سلّمت عليه”
“Jika Zaid datang, maka aku memberi salam kepadanya”.
Maka susunan itupun menjadi mufid, sudah sempurna faidahnya.

 

4. الوضع
Al-Wadh’ artinya lafazh yang digunakan dalam pembicaraan kita adalah lafazh-lafazh yang diletakkan oleh orang Arab untuk suatu makna tertentu dalam pembicaraan mereka.

Contoh: جَاءَ adalah lafazh yang digunakan oleh orang Arab untuk menyatakan suatu makna tertentu yaitu perbuatan kedatangan seseorang di masa lampau.

Contoh lain: زيد adalah juga lafazh yang digunakan oleh orang Arab untuk menunjukkan suatu makna tertentu. Apa itu? Maknanya yaitu dzat (seseorang) yang diberi nama Zaid.

Bagaimana kalau bukan dari bahasa yang digunakan orang Arab atau yang diistilahkan dengan al-‘Ajam? Seperti bahasa Turki, bahasa Inggris, dan lainnya, apakah itu Kalam? Jawabnya, menurut ahli nahwu, yang demikian bukan termasuk Kalam.

Demikian pembahasan ini, in syaa Allah bersambung, yang benar datangnya dari Allah, dan yang salah adalah dari kelemahan penulis, semoga Allah memaafkan dan mengampuninya dan seluruh kaum muslimin.

Koreksi dari pembaca sangat diharapkan. Wallohu a’lam, wa Jazaakumullohu Khoiron..

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك و أإليك، و الحمد لله ربّ العالمين

Pembahasan Matan Jurumiyyah: Definisi Kalam | Toko Buku Bahasa Arab dan Buku Islam Bermutu

Belum ada komentar untuk Pembahasan Matan Jurumiyyah: Definisi Kalam

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 33%
52 Khotbah Jumat Pilihan Setahun Berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 87.000 Rp 130.000
Tersedia
Rp 87.000 Rp 130.000
Stok: Tersedia
OFF 31%
Ringkasan Syarah Kitab Tauhid, Terjemah Mulakhos Kitab Tauhid

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 125.000 Rp 180.000
Tersedia
Rp 125.000 Rp 180.000
Stok: Tersedia
Paling Laris
OFF 25%
Menulis Cepat dan Indah dengan Khot Riq’ah / Riqah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 60.000 Rp 80.000
Tersedia
Rp 60.000 Rp 80.000
Stok: Tersedia
OFF 17%
Ayo Membaca

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 30.000 Rp 36.000
Tersedia
Rp 30.000 Rp 36.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR